Follow Us @soratemplates

Jumat, 30 Desember 2016

Mengenal Wajib Militer Di Korea Selatan



            Wajib Militer adalah sebuah kegiatan atau hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap pria yang cukup umur di Korea Selatan. Maka dari itu para pria yang berusia antara 18-30 tahun, mereka wajib melakukan wajib militer (wamil) selama 2 tahun lamanya. Hal ini tak terkecuali, seklaipun ia merupakan anak seorang pejabat ataupun selebriti, mereka wajib melakukan hal ini.
          Korsel sendiri gencar menjalankan program wajib militer ini dikarenakan hubungannya dengan negara tetangganya, Korut, yang sampai saat ini masih terasa hambar pasca Perang Korea yang akhirnya memisahkan kedua negara tersebut. Pria Korea Selatan yang berumur 20-30 tahun diwajibkan mengikuti program wajib militer ini selama 2,3 – 2,5 tahun. Stress biasanya akan melanda mereka jika mendapat panggilan untuk wajib militer.

Namun ada beberapa golongan yang tidak diwajikban untuk mengikuti wajib militer ini.
1. Orang cacat.
2. Ilmuan
3. Orang yang berjasa bagi negaranya. Sehingga tim sepak bola Korea Selatan tahun 2002 ( Ahn Jung Hwan cs ) yang berhasil masuk semi final pada Piala Dunia tidak wajib mengikuti wamil.
4. Kriminal
5. Orang yang mengalami cedera fisik.
6. Jika laki-laki adalah pencari nafkah utama.
7. Sudah menikah dan tidak memiliki anak laki-laki.
8. Jika dia anak tunggal / hanya anak laki-laki. Hal ini untuk memastikan warisan dari keluargaatau semacam penerus keluarga.

Laki-laki dewasa 20 - 30 tahun yang belum ikut wamil harus siap melayani dan menuruti seniornya. Walaupun posisi di pekerjaannya lebih tinggi, orang yang belum masuk wamil akan tetap kurang dihormati dan tidak disegani. Orang-orang yang sudah menyelesaikan wamil menganggap masa-masa yang mereka habiskan dalam wamil sebagai sebuah kebanggan dan sebuah proses menjadi laki-laki sejati. Hal ini dikarenakan mereka telah melepaskan semua posisi, pekerjaan, pendidikan, dan kenikmatan lain untuk mengabdi pada negara. Inilah yang dianggap sebagai hidup baru laki-laki sejati di Korea.

Dan berikut ini adalah beberapa Fakta seputar wajib militer di Korea Selatan :)
1. Hukuman Penjara Bagi Yang Melanggar
Fakta seputar wajib militer di Korea Selatan yang pertama adalah hukuman penjara bagi yang melanggar. Karena dari namannya saja sudah menggaris bawahi bahwa kegiatan ini merupakan hal yang wajib untuk dilakukan, maka tentunya ada konsekuensi jika ada yang melanggarnya. Tiak main-main, bagi pria Korea Selatan yang sengaja tidak menjalani wamil, maka dapat dimasukkan ke penjara dan harus tinggal di penjara paling lama itu sekitar 3 tahun.
2. Wajib Militer Bagi Anak Dari Pernikahan Campuran.
Fakta seputar wajib militer di Korea Selatan yang kedua adalah tentang wajib militer bagi anak dari pernikahan campuran. Jika statusnya masih sebagai warga negara Korea Selatan, maka pria tersebut tetap wajib wamil. Namun apabila dirinya ia punya status kewarganegaraan lain, maka ia tidak wajib melakukan wamil.
3. Bagian Pada Wajib Militer
Bagian pada wajib militer juga menjadi salah satu dari Fakta seputar wajib militer di Korea Selatan. Untuk kategori wajib militer itu ada yang jadi tentara di angkatan darat, laut, udara, ada juga yang di kepolisian, ada juga yang jadi pelayan masyarakat (public service). Biasanya yang mengambil posisi public service itu untuk orang yang sakit atau ada penyakit yang bisa membahayakan dirinya jika ia wamilnya jadi tentara. Nah public service ini bisa ditemui di kantor pemerintahan Korea atau di Subway dan ada juga yang membantu polisi.
4. ROKA di Wajib Militer
Fakta seputar wajib militer di Korea Selatan yang selanjutnya adalah ROKA di Wajib Militer. Apakah yang dimaksud dengan ROKA?. ROKA adalah singkatan dari Republic Of Korean Army. Biasanya yang memakai kaos sejenis ini yaitu yang bertuliskan ROKA itu adalah tentara angkatan darat. Pakaian yang seperti ini sangat menarik minat para netizen karena saat memakainya pria nampak lebih gagah dan keren.





Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar