Follow Us @soratemplates

Selasa, 19 Maret 2019

Pengertian Desain Grafis dan Review Software Desain Animasi

Pengertian Desain Grafis
 
Desain grafis adalah proses penggunaan elemen visual yang menciptakan suatu persepsi atau pesan yang disampaikan dalam bentuk gambar, tulisan, video dan sebagainya.

5 Review Singkat Tentang Desain Animasi
Blender.
 
            Blender adalah sebuah software desain animasi 3D all-in-one. Software ini dapat digunakan untuk menghasilkan gambar ataupun video yang akan kita buat nantinya. Ini adalah freeware open source atau biasa kita bilang ini adalah software gratis.
            Aplikasi Blender dikembangkan oleh perusahaan belanda yaitu NeoGeo, kemudian dibuat sebagai produk komersial oleh anak perusahaan Not A Number. Ketika perusahaan NaN (Not A Number) ditutup, salah satu pendiri Blender Foundation berusaha mengumpulkan dana untuk membeli kembali hak cipta Blender. Konsekuensinya, sekarang Blender berada dibawah GNU General Public License yang mana itu membuat software Blender ini open source dan bebas digunakan orang banyak. Software Blender ini tersedia pada banyak platform, bisa dijalankan pada Windows, Linux, dan Mac OS.
 
 
            Blender ini sangat luar biasa dikarenakan software gratis ini memberikan fitur-fitur yang bagus. Untuk kalangan software gratis, Blender ini salah satu yang terbaik. Penggunaan tools­ pada software ini sangatlah banyak. Plugins Converter cukup banyak untuk software Blender ini. Mengingat penggunaan penyimpanan software ini pada harddisk tidak terlalu banyak Blender dapat berjalan dengan lancar, untuk merender animasi pun rasanya tidak berat sama sekali.
            Tetapi tentu saja disetiap software pasti mempunyai kekurangan ya, salah satunya User Interface yang tidak tertata rapih, sehingga kita sebagai pengguna harus benar-benar mempelajarinya, dan melihat tutorial di media platform seperti YouTube.
Jika kalian ingin melihat apa saja yang dihasilkan oleh software ini kalian bias klik link dibawah ini.

Cinema 4D by Maxon.
 
Cinema 4D adalah sebuah software animasi untuk membuat objek 3D dan animasi. Software dikembangkan oleh MAXON Computer. Cinema 4D dapat membuat objek 3 Dimensi dengan menggunakan pemodelan objek diagonal, kemudian pengaturan pencahayaan, teksturing atau memperhalus pada bagian animasi yang akan dibuat nantinya, dan hasil akhir nya yang akan di render.
Software ini tidak hanya berfungsi untuk desain animasi saja, tetapi juga untuk arsitektur juga dapat digunakan, sehingga kita bisa membuat arsitektur-arsitektur pada software ini.
 
Cinema 4D ini memberikan kemudahan untuk penggunanya, bagaimana tidak? Tools dan User Interface (UI) ini sangat user-friendly atau dengan kata lain mudah digunakan. Dan juga perendering pada software ini sangat baik karena menggunakan AMD Radeon ProRender yang dapat membuat kualitas rendering ini cepat. Software ini pernah digunakan pada film-film layar lebar seperti Doctor Strange, Game of Thrones dan Ghost in The Shell.
Berikut adalah salah satu hasil yang dibuat dengan Cinema4D

Maya.
 
            Maya atau disebut juga dengan Autodesk Maya 3D adalah sebuah software untuk membuat animasi, modeling, rendering, dan compositing aplikasi 3 Dimensi. Maya ini bagus digunakan untuk pengguna yang sudah mengerti dari dunia per 3 dimensian. Bagi pengguna yang baru mencoba atau baru tau tentang software maya 3D ini, tidak disarankan untuk memakainya, karena software maya ini User Interface tidak terlalu user-friendly.
            Salah satu fitur yang ada pada Maya ini adalah adanya Bifrost Procedural Effects Platform yang berfungsi untuk melakukan rendering secara lebih detail, dan masih banyak lagi fitur-fitur yang menarik pada Maya ini.
            Seperti yang penulis katakan, software ini tidak cocok untuk pengguna awal, perlu belajar terlebih dahulu untuk mengetahui fungsi-fungsi nya, dikarenakan User Interface tidak User Friendly. Jika ingin belajar cobalah menggunakan Blender.

Aurora 3D Animation Maker.
 
            Aplikasi animasi 3D yang menyediakan efek animasi template, seperti halnya untuk pembuatan slide presentasi, pembuatan website, dan software ini dapat menambahkan efek animasi khusus dalam gambar dan film. Fitur yang terdapat pada Aurora 3D Animation Maker sederhana, jadi pengguna akan sangat mudah untuk menggunakan aplikasi ini.

 
            Output yang disediakan adalah format video, gift, flash dan image. Aplikasi ini juga bisa memasukan intro musik, dalam menu terdapat tab tool seperti color, bevel, shape, style, design, light, dan animation.

Synfig Studio.
 
            Aplikasi ini untuk membuat animasi 2D dan menciptakan kualitas film animasi yang bagus, synfig ini dapat berjalan dengan baik pada sistem operasi windows maupun linux. Kelebihan dari aplikasi ini adalah sifatnya opensource dan gratis.
            Ada 2 teknik yang digunakan dalam aplikasi Synfig Studio, yaitu Morphing dan Cutout. Teknik Morphing menggunakan dua gambar yang menciptakan smooth trantition antara kedua gambar. Contohnya membuat animasi bunga yang sedang mekar, dengan menggunakan proses deformasi satu bentuk ke dalam bentuk lainnya.

 
            Sedangkan teknik cutout ini menggunakan grafik yang dipisahkan menjadi beberapa bagian, bagian tersebut mengalami transformasi seperti translasi, rotasi, dan perubahan skala. Contohnya pergerakan tubuh saat berjalan, misalnya gerak kaki kiri dan kanan itu dipisahkan kedalam dua gambar, lalu kaki akan mengalam transformasi pada waktu tertentu untuk membuat animasi berjalan.



 Referensi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar